Jumat, 14 September 2012

Pesan Tuhan tentang Tahun 5773 melalui GBI. Tanjung Duren

Shalom saudara. Jangan cuma kalau kita ikut Tuhan ada profitnya, untungnya, baru kita bersyukur. Saudara renungkan, belum tentu kita bisa lihat profitnya, tapi sebenarnya sangat banyak benefit, keuntungan yang kita peroleh ketika kita ikut Tuhan. Kalau kita ada, apapun keberadaan kita, itu semua karena Tuhan. Tuhan bisa jadikan kita baru, kita diangkat Tuhan. Kalau kita bisa mengerti kita sudah terima yang terbaik dari Tuhan, hidup kita berbeda.
Pak Niko juga sudah jelaskan kita akan memasuki tahun Ayin Gimel, 5773, mulai tanggal 16 September 2012. Akhirnya tanggal 4 September 2013, bertepatan dengan ulang tahun gereja kita.

Gereja lain juga bicara hal yang sama. Ini bicara dengan unta. Dari 7 pintu yang Pak Niko jelaskan, saya hanya akan mengambil beberapa point. Selama 7 tahun ke depan bicara tentang mata Tuhan yang melihat kepada kita. Mata Tuhan tertuju kepada kita. Ini tahun spesial. Selama 10 tahun ini  kita akan menikmati itu. Oleh karena itu bagaimana tanggapan kita ? Ayin Gimel artinya 73, ini tahun Unta yang menjembatani masa lalu dan masa yang akan datang. Kita akan masuk satu tuaian yang besar. Ada milyaran jiwa yang akan dituai. Kenyataannya masih banyak bangku-bangku yang kosong. 1 jiwa bertobat, seluruh malaikat di sorga bersorak-sorai. Kita mungkin baru bersorak-sorai kalau dapat lotere. Kita harus mengerti penuaian jiwa adalah urusan Tuhan, tapi kita juga harus terlibat di dalamnya. Kita harus naik level.
  
Saya tangkap dari Pak Niko, kita harus lebih sungguh baca firman Tuhan, khususnya anak muda, karena ini tahun penyesatan. Ci Yani ketua doa di tempat ini, dulu disembuhkan Tuhan dari penyakitnya pada saat ia berserah pada Tuhan, angkat tangan. Ia cuma disuruh Tuhan baca firman 3 kali sehari. Itulah obatnya. Saya sudah sering dengar kesaksian ini. Saya mengalami problem di mata, sekali lagi Ci Yani bilang hal ini pada saya. Ini tidak mudah buat saya, tapi saya lakukan. Saya percaya ini bukan cuma obat untuk mata saya, tapi obat untuk mata rohani saya. Tahun ini kalau perlu paksa anak-anak muda untuk baca firman. Tahun Ayin Gimel ini adalah tahun penyesatan, tahun kesusahan, tahun kekacauan. Tapi saudara jangan takut. Pada saat kita sungguh-sungguh naik tingkat di hadapan Tuhan, tempat yang paling aman dalam rencana Tuhan, tenang saja. Ini memang tidak semudah tahun Ayin Beth, tapi asal kita berjalan dalam rencana Tuhan, kasih karunia Tuhan itu cukup untuk hidup kita. Oleh karena itu ada 7 pesan dari Pak Niko supaya kita bisa naik tingkat dan mengerti kehendak Tuhan. Saya tidak akan membahas semuanya. Hanya beberapa point :
  
Pertama :
kita harus memiliki hati yang murni. Berbahagialah orang yang suci hatinya, lurus. Tuhan tahu hati kita. Tuhan melihat hati kita, apakah kita datang pada Tuhan dengan hati yang benar. Jagalah hati kita dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Kita buka Galatia 5: 19-21 : Perbuatan daging  telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan,perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu seperti yang telah kubuat dahulu bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Ini banyak bicara tentang masalah hati. Apakah kita banyak memiliki ambisi pribadi, untuk kepentingan diri sendiri ? Saya percaya kita semua ingin hidup kita menjadi orang yang semakin lama semakin baik. Mungkin kita usaha di pelayanan, di kantor, di dalam rumah tangga melakukan yang terbaik, tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Pernah saudara mengalami hal ini ? Penerimaan atasan saudara, saudara dianggap jelek. Atau oleh rekan saudara, saudara dianggap penjilat, padahal saudara sudah coba lakukan yang terbaik. Bagaimana reaksi saudara ? Apakah saudara marah atau kecewa ? Sebenarnya kita ingin hidup lebih baik untuk siapa ? Kalau kita lakukan itu untuk Tuhan, seharusnya kita tidak perlu marah karena Tuhan tahu hati kita. Kalau sekarang diijinkan Tuhan terjadi sesuatu yang buruk, Tuhan sedang lihat motivasi kita. Mungkin kita juga merasa tertolak, kebenaran diri sendiri, kepentingan diri sendiri, rasa amarah. Saudara dalam film tadi dikatakan papanya adalah seorang pemain baseball yang bagus. Tapi ia dicurangi oleh wasitnya yang membela lawannya. Biasanya orang yang mengalami ini marah, kecewa, ingin balas dendam. Tapi pada saat wasitnya mau pulang dan mobilnya mogok, papinya tetap tolong wasit itu, orang yang telah membuat dia gagal. Saudara apakah kita punya hati yang murni. Kalau kita menolong apakah ada maksud yang tersembunyi, kalau kita melakukan sesuatu ada kepentingan kita tidak. Mari kita datang pada Tuhan dengan hati yang murni.
    
Kedua :  
kita harus makin intim dengan Tuhan. Biasanya Pak Niko memang bilang kita harus intim dengan Tuhan, tapi kali ini maksudnya lebih lagi dari biasa. Apakah kita punya kerinduan untuk sungguh-sungguh intim dengan Tuhan. Apakah intim dengan Tuhan merupakan bagian dari rencana kita ? Apakah kerinduan kita cuma makin kaya, melihat anak kita sehat, dapat suami atau istri yang baik, hidup kita dipelihara Tuhan, punya pekerjaan yang baik, tabungan yang cukup. Apakah rencana kita cuma sekedar sepeerti itu ? Ingat saudara, punya cita-cita /keinginan saja belum tentu tercapai. Kalau belum punya keinginan , bagaimana bisa sampai ke sana ? Kali ini Pak Niko menekankan kita harus makin intim dengan Tuhan. Pak Niko dapat BB yang bagus : doa tidak boleh part time, tidak boleh sometime, apalagi no time. Doa harus on time, full time, kalau perlu over time, sebab kita bisa meninggal any time. Kalau kita doa over time, pasti ada benefit untuk kita. Sebetulnya intim atau tidak adalah seberapa kita bisa bersyukur kepada Tuhan karena itu menunjukkan seberapa kita bisa percaya pada Dia. Kalau hubungan kita makin intim, kita semakin percaya pada Dia. Mungkin pada banyak orang kita bisa percayakan dompet kita. Tapi kalau pin ATM kita dan kartu ATM kita yang berisi uang lebih banyak, mungkin sampai jutaan, kita tidak bisa percayakan pada banyak orang. Apalagi sertifikat BPKB kita, mobil kita, kwitansi kosong dengan materai, apakah saudara bisa percayakan itu pada saya sebagai gembala saudara ? Pasti tidak percaya dan itu wajar karena saudara tidak punya hubungan yang intim dengan saya. Tapi bagaimana kalau pada istri atau suami saudara ? Pasti saudara percaya karena punya hubungan yang intim. Semakin kita intim dengan Tuhan, semakin kita bisa bersyukur pada Tuhan, artinya kita semakin mengenal Dia.
     
Ketujuh :  
kita harus menjadi saksi Yesus yang semakin sempurna. Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa , kalau Roh Kudus turun ke atas kamu,  dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria  dan sampai ke ujung bumi. Saudara percaya Roh Kudus, dan Ia ada di dalam kita ? Kalau kita percaya, kita akan jadi saksiNya di Yerusalem, seluruh Yudea dan sampai ke ujung bumi. Kita harus jadi saksi Yesus yang sempurna, berarti lebih lagi. Bahkan jadi saksi Yesus yang sempurna, artinya kita lihat dalam Matius 3: 16-17 : Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya , lalu terdengarlah suara dari sorga  yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” Saudara saksi yang sempurana adalah kalau ada perkenanan Allah. Yesus itu memang anak Allah. Tapi bukan karena itu Allah mengatakan itu, melainkan karena Yesus baru menggenapi firman dengan cara ia dibaptis. Tuhan Yesus tidak pernah berdosa, sebetulnya Ia tidak perlu dibaptis. Baptis itu artinya kita mati atas dosa-dosa kita, kaena itu kita perlu dibaptis, mati bersama Kristus dan dibangkitkan bersama Kristus. Yesus dibaptis bukan karena berdosa, tapi Ia menggenapkan firman Allah, bahwa anak manusia harus dibaptis. Karena itu kesaksianNya sempurna,a da perkenanan Tuhan. Kalau kita penuh dengan firman, melakukan firman, ada perkenanan Tuhan. Mengapa hari-hari ini kita harus baca firman lebih banyak ? Supaya kita tidak gampang disesatkan. Hati-hati, banyak nabi-nabi, penyesat-penyesat. Banyak orang membahas maskot Olympiade London, namanya kalau saudara gabungkan, we unlock the devil. Kelihatan jelas, belenggu terhadap iblis sudah dilepaskan, iblis sedang berkeliaran. Tanda-tanda ini semua ke arah ke sana. Kalau kita tidak kuat dalam firman, kita akan disesatkan. Iblis itu memang ada di tengah-tengah kita, oleh karena itu ada penyesat. Bob Jones mendapatkan mimpi dari Tuhan akan melihat penuaian jiwa besar-besaran. Ia seharusnya meninggal pada tahun 1975, tapi dibangkitkan Tuhan. Di dalam mimpinya yang terakhir, ia melihat anak-anak muda kita sangat tergantung pada gadget. Pak Niko bilang bagaimana cara menjangkau anak muda seperti ini ? Mereka harus dipaksa membaca firman Tuhan.
     
Yang terakhir :  
lebih memperhatikan orang-orang miskin. Pak Petrus Agung katakan kalau hari-hari ini kita mau menangkap apa yang Tuhan katakan, kita harus menangkap kita harus seperti orang-orang kaya yang mengejar orang miskin. Lebih memperhatikan orang-orang miskin. Saya bicara bukan sekedar memberi uang. Miskin itu bukan hanya miskin jasmani. Di tengah dunia yang seperti sekarang ini, banyak orang yang miskin dalam hal lain. Mengapa di dunia maju mereka tetap terlibat drugs ? Karena mereka miskin kasih, kesepian. Orang yang kaya bukan hanya bicara harta, tapi juga orang yang siap memberi pertolongan kepada orang lain. Seperti dalam film tadi, hanya memberi payung, mungkin payung murah, tapi diberikan pada orang yang memang sedang membutuhkan di tengah kehujanan. Di Indonesia banyak payung gratisan, tapi kasih kepada orang lain susah banget. Saudara makin mengerti, memberi pada orang miskin, bukan hanya memberi uang. Anak di dalam film tadi ingin bertanding, dan menang, apalagi pertandingan itu hanya 1 tahun sekali. Tapi ketika ia memberi kesempatan bertanding itu pada anak lain yang cacad, ia katakan ia tidak akan pernah bisa melupakan perasaan itu. Bagaimana agar kita dapat memberi lebih ? Kita harus biasakan. Mungkin saudara bilang orang bisa mendonasikan hampir 1 milyard untuk membantu anak-anak, pasti orang itu orang kaya. Tidak saudara. Bilboardnya dipajang di jalan-jalan. Orang di Amerika rata-rata penghasilannya di atas 4.000 dollar. Penyemir sepatu ini hanya punya penghasilan 800 dollar sebulan. Tiap jam lima pagi dia harus berangkat menyemir sepatu di rumah sakit anak-anak. Sebetulnya dia dapat tips 10.000 dollar setahun, yang kalau ia tambahkan pun masih di bawah rata-rata. Tapi ia donasikan tipsnya itu untuk anak-anak di rumah sakit itu. Dan ia lakukan itu dengan sukacita. Di alkitab Eliezer disuruh Abraham ke tempat kelahirannya untuk mencari istri bagi Ishak. Ketika ia sampai di sana, orang pertama yang ia jumpai adalah Ribka, yang kelihatan menarik. Tapi ia tahu yang terbaik bukan hanya fisiknya. Ia berdoa pada Tuhan minta tanda kalau ada seorang gadis yang bersedia memberi minum semua untanya, yang berjumlah 10, itulah jodoh bagi Ishak. Jarak dari Kanaan ke Mesopotamia sekitar 70 km. Seekor unta sehari hanya bisa berjalan 4 km. Berarti unta-unta itu sudah berjalan hampir 15-16 hari, sudah haus sekali. Unta-unta yang akan dijadika persembahan itu pasti besar-besar, seekor unta minumnya sekitar 100 liter. Berarti 10 unta minum sekitar 1.000 liter. Bayangkan seorang gadis harus menimba air sebanyak itu. Di sumur tradisional yang tidak punya bibir, permintaan yang sangat amat sulit. Menimba air bagi orang yang tidak dikenal, paling tidak membutuhkan 2-3 jam. Karena Ribka baik hati, mau melakukan itu, ia mendapat jodoh Ishak, orang yang kaya, semakin lama semakin kaya. Ribka mendapatkan itu hanya karena ia mau menimba air bagi unta. Mari seperti orang kaya yang mengejar-ngejar orang miskin.

1 komentar: